IndonesiaNewest - Raja Baru Thailand, Maha Vajiralongkorn, memperlihatkan pengampunan pada puluhan ribu tahanan di Negeri Seribu Pagoda tersebut. Langkah ini dilakukan Vajiralongkorn hanya beberapa hari sesudah dilantik sebagai raja menggantikan mendiang ayahnya, Bhumibol Adulyadej yang wafat pada Oktober lalu.

Menurut pernyataan istana kerajaan, pengampunan para terpidana penjara ini merupakan langkah pertama yang dilakukan Vajiralongkorn sejak menduduki tahta sebagai raja ke-10 Dinasti Chakri Thailand pada awal Desember ini. Pengampunan dilakukan sebagai "tanda belas kasih raja kepada rakyatnya."

Melansir AFP, pengampunan bagi para tahanan telah menjadi tradisi tahunan yang diselenggarakan Bhumibol. Sejumlah narapidana yang mempunyai penyakit serius,disabilitas, dan telah menjalani sepertiga masa tahanannya masuk dalam kriteria pengampunan raja.

Meskipun keputusan pengampunan ini tidak menjelaskan berapa banyak tahanan yang akan dibebaskan, namun kepada Bangkok Post, Kepala Departemen Pemasyarakatan Thailand, Kobkait Kasiwat, menuturkan sekitar 30 ribu tahanan memenuhi syarat untuk dibebaskan. Sekitar 70 ribu tahanan lainnya kemungkinan besar menerima pengurangan masa tahanan.

Sementara, Reuters menyebutkan bahwa terdapat sekitar 150 ribu napi yang memenuhi syarat untuk dibebaskan atau mendapatkan belahan masa tahanan.

Monarki Thailand mempunyai efek besar dalam kepemerintahan. Status monarki ini didukung dalam ritual, propaganda, bahkan konstitusi Thailand.

Sikap untuk senantiasa menghormati kerajaan diajarkan di seluruh sekolah di Thailand. Foto para anggota keluarga kerajaan, khususnya raja, menghiasi hampir di setiap jalanan utama di Thailand.

Thailand menerapkan aturan lese majeste yang melindungi seluruh keluarga kerajaan dari segala bentuk penghinaan dan pencemaran nama baik. Setiap individu atau kelompok yang kedapatan menyinggung bahkan menghina keluarga kerajaan terancam eksekusi 15 tahun penjara.

Reuters mengutip laporan Departemen Pemasyarakatan Thailand bahwa sampai Juli tahun ini jumlah napi di seluruh penjara di negara itu mencapai 321.347 jiwa, sebanyak 70 persen di antaranya didakwa perkara narkoba. 

Saat menjadi putra mahkota, Vajiralongkorn banyak menghabiskan hidupnya di luar negeri. Meski aturan lese majeste diterapkan, namun rumor mengenai kehidupan raja yang pernah bercerai sebanyak tiga kali ini tetap menjadi perhatian publik.

Vajiralongkorn resmi menjabat sebagai raja sesudah mendapatkan permintaan peresmian dari tubuh legislatif Thailand pada 1 Desember lalu. 

Pelantikan Vajiralongkorn ini sesuai dengan Peraturan Istana terkait penobatan raja gres tahun 1924 menurut konstitusi Thailand.

Mantan Perdana Menteri Thailand, Prem Tinsulanonda, yang mengisi kekosongan monarki Thailand selama menanti prosesi pengangkatan raja gres Thailand, melantik Vajiralongkorn pada program penobatan raja malam itu.

Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, juga turut hadir dalam peresmian Vajiralongkorn. Ia mengumumkan bahwa peresmian Vajiralongkorn menandai prosesi penobatan raja gres Thailand telah rampung.

"Thailand telah mempunyai raja gres sekarang," kata Prayuth di istana kerajaan.

Sumber : CNN

Comments/disqusion
No comments