Baru-baru ada informasi mengenai seorang petani di Tiongkok. Apa kisahnya sampai-sampai diberitakan? Ia diberitakan karena menghabiskan hidupnya selama 36 tahun menggali jalan masuk irigasi dengan melalui 10 bukit dan tiga gunung demi warga di desanya. Menakjubkan bukan?

baru ada informasi mengenai seorang petani di Tiongkok Hebat, Kakek Berusia 81 Tahun Membelah Gunung biar Desanya Teraliri Air
Image: www.dailymail.co.uk

Seperti yang dilansir citizen6.liputan6.com dari Nextshark, Senin (24/4/2017), Kakek yang berjulukan Huang Dafa ini diketahui telah membangun enam jalur yang terletak di Provinsi Guizhou tenggara antara tahun 1958-1994. Setelah penduduk desa mengetahui visi sang kakek Huang, mereka kemudian ikut terinspirasi dan ikut membantu menuntaskan proyeknya itu.

Penduduk desa bahkan menamai jalan masuk irigasi sepanjang 10 km ini dengan Saluran Dafa untuk menghormati jasa sang kaek yang berkorban tiada henti untuk membantu penduduk di desa terpencil tersebut. Desa yang berada di ketinggian 4.101 kaki di pegunungan Provinsi Guizhou, tersebut memang tidak mempunyai sumber air yang memadai.

Penduduk desa membutuhkan waktu dua jam untuk berjalan ke desa Yebiao untuk mengantri mengambil air minum. Sebanyak 1.300 penduduk desa bahkan harus memakai air hujan yang disimpan memakai kawasan semacam sumur. Untunya, berkat sang kakek berusia 81 tahun dan 200 penduduk yang ikut membantunya, sekarang air mulai mengalir dengan deras di desa mereka. 

Proyek tersebut dimulai sesudah Huang terpilih menjadi kepala Desa Caowangba pada tahun 1958. Sejak dikala itulah, ia mulai tetapkan untuk melaksanakan sesuatu untuk membantu penduduk desa dengan sedikit pengetahuannya mengenai irigasi bangunan. Untuk merealisasikan proyek tersebut, ia bahkan sering meninggalkan keluarganya sendiri untuk bermalam di gua.

Kisah yang menarik ya Sobat? Padahal sang kaek sudah renta tapi dapat melaksanakan sesuatu yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh anak muda. Luar biasa sekali kakek ini.

Comments/disqusion
No comments